Langsung ke konten utama

Cara Install Sdk Android Studio Lengkap

Setelah installasi android studio selesai bukan berarti kita bisa menggunakan IDE Android Studio begitu saja melainkan kita juga harus menginstall SDK. Lalu bagaimana cara install SDK android studio ? Simak selengkapnya pada tutorial ini.

1. Apa itu SDK ?

SDK  (Standard Development Kit ) yang merupakan kumpulan dari beberapa alat, komponen, juga platform untuk mengembangkan aplikasi berbasis android.
SDK merupakan bagian dari java atau biasanya disebut juga Java SDK. SDK melingkupi :
  • Java Complier (Javac)
  • Java Virtual Machine (Java Runtime Environment/JRE).
  • Java Class Libraries (class yang dapat digunankan untuk menghasilkan program java)
  • Java Debugger
  • Dokumentasi (dalam paket download terpisah)
  • SDK diperlukan untuk membuat program aplikasi yang menggunakan bahasa pemrograman java. Mengapa kita perlu menginstall SDK untuk mengembangkan aplikasi android ? Karena bahasa utama untuk membuat aplikasi android secara native yaitu bahasa pemrograman java.

2. Cara Install SDK android studio

Setelah menginstall android studio, jendela awal yang terbuka yaitu seperti pada gambar berikut :
cara install sdk android studio

  • Pada jendela diatas pilih dan Klik Configure kemudian klik SDK Manager
cara install sdk android studio
  • Maka akan tampil jendela seperti gambar dibawah
cara install sdk android studio

  • Disini saya akan contohkan menginstall SDK Android API 28. Caranya yaitu ceklis pada SDK yang ingin kita install lalu pilih Apply.

  • Klik ok untuk melakukan proses download dan install SDK. Pastikan komputer atau laptop terkoneksi dengan internet yang stabil.

  • Tunggu sampai proses download dan install selesai. Lalu klik finish.

Sampai disini install SDK sudah selesai. Lalu bagaimana jika kita sudah terlanjur membuat project baru tanpa install SDK terlebih dahulu ? tenang pilihan lain untuk menampilkan SDK Manager yaitu dengan cara :
  • Klik tools pada menu bar yang ada di android studio
  • Lalu pilih Android > Klik SDK Manager 
cara menginstall SDK android studio
  • Setelah itu akan ditampilkan jendela SDK Manager yang gambarnya sudah di tampilkan di atas.
Itulah cara install SDK android studio. Sebentar atau lamanya waktu yang dibutuhkan untuk menginstall SDK tergantung dari kecepatan dan stabilnya koneksi internet yang kita digunakan.

sekian tutorial kali ini semoga bermanfaat


thanks telah berkunjung

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara hapus file di github

Cara Menghapus Repository di Github. Dalam keadaan tertentu mungkin saja anda diharuskan untuk  menghapus repository yang telah dibuat sebelumnya, yang perlu diketahui apa saja yang akan terjadi apabila kita telah menghapus repository, diantaranya adalah semua file yang ada meliputi versi-versi perubahan akan hilang secara permanen. Bagaimana  cara menghapus repository di gibhub , lakukan cara berikut ini: Buka halaman repository yang akan dihapus, lalu klik Setting Scroll down (kebawah) hingga ke bagian “ Danger Zone ” lalu pilih “ Delete this repository ” Sampai disini anda diminta memasukan kembali nama repository yang akan dihapus. Dan diminta kembali memasukan password login anda Dan, akhirnya proses delete repository sukses. Conclusion Tahap demi tahap cara upload file project ke GitHub telah di share, namun perlu diingat, bahwa cara diatas bisa saja berubah mengikuti kebijakan baru yang mungkin dibuat oleh pihak GitHub. ok sekian tutorial diatas s

Cara upload file ke github

Bila anda seorang developer atau pegawai yang bekerja di bidang IT terutama programmer maka saya kira situs github tentu tidak asing bagi anda. Karena bisa dikatakan  fungsi github  adalah media sosialnya para programmer karena disana anda dapat mengupload project opensource melalui repository yang dibuat sebelumnya.  Kelebihan dari github disaat anda membuat perubahan atau penambahan pada project tersebut lalu di upload ulang ke repository itu maka project yang lama masih di simpan dan tidak akan hilang, selain itu pula project yang anda buat bisa dikembangkan oleh programmer lain Cara Menggunakan Github Belajar  menggunakan git  yang merupakan bagian proses upload project sebenarnya tidaklah susah, walaupun ada juga  cara mengupload file ke github tanpa software git . Nah, pada artikel kali inilah saya akan memandu tahap demi tahap bagaimana cara upload project di github.  Apa-apa saja agar proses upload project nantinya sukses, berikut langkah-langkahnya. Download terlebih

TUTORIAL DJANGO BAHASA INDONESIA BAGIAN 1

Panduan Lengkap untuk Pemula untuk Django - Bagian 1 Hari ini saya memulai seri tutorial baru tentang fundamental Django.  Ini adalah panduan pemula yang lengkap untuk mulai belajar Django.  Materi dibagi menjadi tujuh bagian.  Kami akan mengeksplorasi semua konsep dasar dengan sangat terperinci, mulai dari pemasangan, persiapan lingkungan pengembangan, model, tampilan, templat, URL hingga topik yang lebih maju seperti migrasi, pengujian, dan penyebaran. Saya ingin melakukan sesuatu yang berbeda.  Tutorial yang mudah diikuti, informatif, dan menyenangkan untuk dibaca.  Saat itulah saya muncul dengan ide untuk membuat beberapa komik di sepanjang teks untuk menggambarkan beberapa konsep dan skenario.  Saya harap Anda menikmati bacaannya! Tapi sebelum kita mulai ... Dulu ketika saya bekerja sebagai profesor pengganti di sebuah universitas, saya biasa mengajar pengantar tentang disiplin pengembangan web untuk mahasiswa baru dalam kursus Ilmu Komputer.  Dan saya akan selalu me